0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Krisis Air Bersih di Wonogiri

Dana Kekeringan Harus Diserahkan Langsung ke Desa

Wonogiri – Camat Batuwarno Wonogiri, Joko Prihartanto meminta dana tanggap bencana atas krisis air bersih dan kekeringan dilekatkan secara langsung lewat DAD (Dana Alokasi Desa). Dengan begitu setiap ada bencana kekeringan datang, pemerintah desa setempat dapat sesegera mungkin mencairkannya dan secara cepat bisa digunakan untuk keperluan yang mendesak.

“Misalnya untuk pembelian air bersih lewat tangki, selama ini kendalanya tidak dapat dilaksanakan dengan cepat karena anggaran berpusat di Kabupaten, lain misalnya jika dilekatkan ke DAD, maka desa yang bersangkutan tentunya langsung bisa melakukan pembelian air,“ ungkap Joko, Sabtu (30/6).

Pelekatan dana tanggap bencana ke DAD lanjutnya bakal memudahkan pihak Pemkab dalam bekoordinasi. “Cukup pemkab nanti mendapatkan laporan dari desa kira-kira bagaimana penggunaannya, kemudian kurang berapa, tidak perlu lagi memikirkan pencairan segala,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Koordinator Bencana Kekeringan, Bambang menyatakan jika usulan tersebut dapat dilaksanakan maka akan lebih baik. Hanya saja lantaran adanya regulasi menjadikannya tidak mungkin dilakakukan. “Usulan itu bagus, dan merupakan salah satu terobosan baik, tapi untuk saat ini karena ada peraturan keuangan maka belum bisa diterapkan,“ papar Bambang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge