0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, Waspadai Diare dan ISPA

Kepala Dinkes Boyolali, dr Syamsudin (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali-Memasuki musim kemarau, sejumlah penyakit mulai mengintai warga Boyolali. Salah satunnya yang paling banyak diderita warga adalah gastroenteritis atau diare. Penyakit ini ada dua jenis, diare berdarah dan diare tidak berdarah. Salah satu penyebabnya adalah faktor kebersihan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Syamsudin M.Kes, penyakit ini disebabkan faktor hiegienis,kebersihan dan kecukupan air bersih untuk keluarga. Selain itu, masyarakat juga harus menjaga kebersihan lingkungan.

“Itu faktor penting agar terhindar dari diare, kebersihan lingkungan dan kebersihan pribadi harus diperhatikan,jangan lupa untuk cuci tangan sebelum makan,” tandas Syamsudin ditemui di Dinkes, Jumat (29/6).

Sementara ancaman penyakit musim kemarau pada urutan kedua adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). “ISPA nanti banyak menyerang warga, faktornya adalah debu, maka usahakan untuk menggenakan masker saat hendak keluar rumah atau melakukan aktivitas di luar ruangan,” himbau Syamsudin.

ISPA sendiri seranganya merata diseluruh wilayah di Boyolali, terutama daerah-daerah yang kesulitan air bersih. Seperti di wilayah Musuk, Cepogo,Juwangi,Kemusu dan sejumlah kecamatan lain. Untuk mengantisipasi kedua penyakit musim kemarau tersebut, pihaknya melakukan langkah antisipasi. Salah satunya adalah penyediaan obat-obatan di seluruh Puskesmas dan Poliklinik Desa.(Byll)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge