0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Puasa, Stock Darah Aman

Aksi donor darah di CFD Boyolali beberapa waktu lalu (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali-Palang Merah Indoenesia Cabang Boyolali memastikan stock darah selama bulan puasa dan menjelang lebaran aman. Selama bulan puasa dan lebaran, PMI setidaknya membutuhkan persediaan darah sebanyak 650 kantong hingga 700 kantong dari berbagai golongan darah.

Humas PMI Boyolali, Wahyu Budi Setyawan mengatakan,pasokan darah ini banyak disuplai dari para pendonor yang rutin. Selain itu, PMI juga melakukan kerjasama dengan PMI di wilayah Karesidenan Surakarta. ”Jadi kalau nanti pas stock darah kosong,kita akan minta kiriman dari PMI wilayah lain,”ungkap Wahyu ditemui di kantornya, Jumat (29/6).

Diakui juga, beberapa saat stock darah sempat menipis dan hanya mampu untuk lima hingga tujuh hari. Menipisnya stock darah di PMI Boyolali dikarenakan diminta PMI Sukoharjo dan Salatiga. Namun,  menipisnya stock tersebut akan segera terisi setelah mendapat suntikan darah sumbangan dari sukarelawan yang jumlahnya mencapai ratusan.

Kendala yang dihadapi saat ini adalah pihaknya mengalami kesulitan mendapatkan golongan darah AB. Golongan ini tergolong sangat langka dan sedikit warga yang memilikinya. “Tapi sebagai antisipasi,kita sudah memegang daftar nama warga yang memiliki golongan darah AB,” ungkapnya.(byll)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge