0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

YF Sukasno: Harus Dicarikan Tempat Khusus

Pedagang Bermobil Marak di Alun-alun Lor

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Banyaknya pedagang bermobil di pasar tradisional mendapat perhatian Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno. Kamis pagi (28/6), Ketua Dewan melakukan Sidak ke Pasar Cinderamata.

Dari hasil Sidak tersebut, Sukasno menemukan adanya pedagang bermobil di Alun-alun utara yang melakukan aktivitas transaksi penjualan. Semula, paparnya, pedagang bermobil tersebut melakukan aktivitas bongkar muat di bahu jalan ataupun halaman pasar Cinderamata.  “Namun lama-kelamaan justru melakukan aktivitas penjualan,” jelas Sukasno, Jumat (29/6) di Ruang Kerjanya.

Selama adanya aktivitas penjualan tersebut, Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Surakarta sebenarnya telah melakukan penertiban. Namun, hal tersebut tidak efektif. Pedagang justru kucing-kucingan dengan petugas. Saat ini bahkan pedagang bermobil tersebut masuk ke dalam Alun-alun utara (sisi pojok barat utara). “Dari pengamatan saya jumlahnya cukup banyak, tak kurang dari 28 mobil. Padahal baru jam 8 pagi,” tutur Sukasno.

Jika sudah masuk ke dalam Alun-alun utara, lanjut Sukasno, DPP tidak bisa berbuat banyak, karena bukan lagi wilayah pasar. Selama ini pedagang bermobil tersebut juga tidak ditarik retribusi maupun parkir. “Kalau ditarik berarti namanya melegalkan,” ujar legislator PDIP ini.

Adanya pedagang bermobil yang biasa mangkal hari Senin dan Kamis tersebut telah menyebabkan penurunan omset pedagang Pasar Cinderamata dan pasar Klewer. Dengan demikian, kehadiran pedagang bermobil tersebut telah melanggar Perda No 1 tahun 2010 tentang Perlindungan Pasar Tradisional.

Untuk itu, Sukasno meminta adanya langkah komunikasi supaya aktivitas tersebut tidak berlangsung terus menerus. “Kalau hanya operasi penertiban kan hanya sementara. Sebaiknya mereka diajak bicara kemudian dicarikan tempat yang tidak bertentangan dengan Perda,” pungkas Ketua Dewan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge