0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejar Data Akurat, Bapermas Wonogiri Bikin Profil Desa

Contoh form pengisian data KK di Wonogiri bagi keperluan pembuatan profil desa (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Bapermas (Badan Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Wonogiri mulai menggiatkan pembuatan profil bagi 294 desa/kelurahan. Nantinya profil bakalan digunakan untuk menyediakan informasi statistik yang akurat dan realtime dari masing-masing desa/kelurahan.

Dalam profil di antaranya memuat data jumlah penduduk dilihat dari seluruh aspek, juga macam pekerjaan, sampai jenis tanaman yang dipunyai. Setiap KK juga akan disedikan lembaran tersendiri untuk keperluan akurasi pendataan. Sehingga hampir serupa dengan form sensus milik BPS (Badan Pusat Statistik).

“Bedanya dalam profil nantinya akan terus diperbarui setahun sekali. Jadi informasi yang disuguhkan benar-benar menggambarkan keadaan yang sesungguhnya, juga disediakan data-data potensi, keunggulan, tantangan maupun kendala sekecil apapun dari setiap desa,“ terang Kabid Masyarakat Desa, Supriyanto, Jumat (29/6).

Dijelaskan, hingga bulan Juni ini baru sekitar 15 kecamatan yang telah menyelesaikan pembuatan profil bagi desanya. Jumlah ini baru mencapai separuh dari total 25 kecamatan se-Wonogiri.

Menurut Supriyanto, program Profil Desa ini bukan bertujuan menandingi kegiatan yang dilakukan BPS. Bukan pula bermaksud menunjukkan rasa ketidakpercayaan atas informasi dan data yang disajikan BPS.

“Malah kita nanti bersinergi, siapa tahu dari data kita  nantinya juga diperlukan oleh BPS, ya saling mendukunglah,“ imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge