0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beras Berwarna Kuning dan Remuk

Ratusan Kilogram Raskin Jelek Ditarik

Bulog mengganti Raskin kualitas jelek yang ditemukan di Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu dengan beras yang lebih baik. (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten —  Bulog Unit 308 Karangwuni, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten menarik sekitar 1.950 kilogram beras untuk masyarakat miskin (Raskin) berkualitas jelek yang ditemukan di Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu, Jumat (29/6). Raskin yang baru itu kemudian akan disalurkan kembali kepada 130 rumah tangga sasaran (RTS) setelah proses pergantian rampung.

“Kami langsung menarik semua Raskin yang kualitasnya kurang baik itu untuk diganti dengan beras yang kualitasnya lebih baik,” ujar Kepala Bulog Unit 308 Karangwuni, Kecamatan Ceper, Purwoko, Jumat (29/6).

Ia mengatakan, penarikan Raskin itu setelah mendapat laporan dari pemerintah desa setempat bahwa kualitas beras jelek. Dari hasil temuan, kondisi beras itu berwarna kuning dan remuk.

“Setelah dilakukan pengecekan ke lapangan, kami langsung menarik beras Raskin yang belum sempat dibagikan kepada warga tersebut. Setelah proses penggantian selesai beras langsung disalurkan,” ujarnya.

Kepala Gudang Bulog Unit 304 Delanggu, Slamet Suyitno menambahkan, kurang baiknnya kualitas Raskin itu lantaran ada perubahan warna beras dari putih menjadi kuning. Selain itu beras juga kondisi remuk. Hal ini disebabkan karena terlalu lama berada di gudang sejak awal Maret lalu.

“Beras itu sudah disimpan tiga bulan di gudang. Jadi ada perubahan warna yang berdampak pada turunnya kualitas beras. Untuk itu perlu diolah kembali. Beras itu sebelumnya kami dapatkan dari petani di sekitar Delanggu,” jelas Slamet.

Slamet mengatakan, pihaknya tetap mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam pendistribusian Raskin di wilayah ini. “Jika memang ada kondisi beras (Raskin) yang kurang diinginkan masyarakat maka kami akan mengambilnya untuk diganti sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Satgas Raskin Desa Sabrang, Sunaryo mengatakan, pada penyaluran bulan Juni ini, di Desa Sabrang mendapatkan jatah 1.950 kilogram untuk 130 RTS.  “Penyaluran Raskin untuk 130 RTS ini akan segera dilakukan setelah proses peggantian beras oleh Bulog selesai. Setiap RTS mendapat 15 kilogram,” ujar Sunaryo yang juga sebagai Kaur Pemerintahan Desa Sabrang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge