0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Radya Pustaka Dapat Kucuran Rp 6 Miliar

Museum Radya Pustaka Surakarta (dok.timlo.net/andik penowo)

Solo — Museum Radya Pustaka mendapatkan bantuan sebesar Rp 6 Miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bantuan sebesar itu rencananya akan digunakan untuk melakukan revitalisasi terhadap museum yang berada di dalam kompleks Sriwedari itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto menjelaskan, pemberian bantuan untuk revitalisasi museum tertua di Indonesia tersebut akan terealisasi dalam tahun 2012 ini. “Ada dua kegiatan yang dilakukan, yakni lelang Detail Engineering Design (DED) dan pengerjaan,” katanya kepada wartawan, Jumat (29/6).

Revitalisasi sendiri dilakukan dengan melakukan penambahan ruang di bagian belakang bangunan utama museum dan penataan di dalam museum. Sementara, pihaknya tidak akan mengubah fasade bangunan muka museum, karena termasuk dalam bangunan cagar budaya (BCB).

Pembuatan proses DED dan lelang, rencananya akan dilakukan di kota Solo di bawah wewenang Kemendikbud. “Pemkot hanya menerima jadi saja,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Widdi Srihanto menilai bahwa sudah saatnya dilakukan revitalisasi terhadap museum yang dibangun pada tahun 1890 tersebut. “Kita harus melihat pentingnya menata letak barang-barang bersejarah itu, karena ada nilai memorabilita yang tersimpan di dalamnya. Bagaimana bisa ditata sedemikian rupa agar terlihat menarik, dengan alur sebuah cerita,” terangnya.

Mengenai pengawalan dalam proses pembuatan DED maupun lelang, ia menyerahkan sepenuhnya pada Dinas Tata Ruang Kota (DTRK). “Kalau Disbudpar hanya sebatas pada nilai estetika dan budayanya saja,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge