0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bencana Kekeringan di Wonogiri

7 Telaga di Paranggupito Kering Kerontang

Kuswandi, Camat Giritontro (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Kalangan camat dari 8 wilayah di Kabupaten Wonogiri sama-sama mengeluh soal mulai datangnya bencana kekeringan dan krisis air bersih di daerahnya. Mereka berujar belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi bencana yang telah menjadi semacam siklus tahunan tersebut.

Camat Giritontro, Kuswandi dalam melaporkan luasan cakupan daerah terdampak bencana kekeringan di Ruang Data, Jumat (29/6), mengatakan ada 5 desa/kelurahan yang warganya kesulitan memperoleh pasokan air.  Yakni Desa Ngargoharjo, Tlogosari, Tlogoharjo, Jatirejo, dan Kelurahan Bayemharjo.

“Total jiwa dari kelima wilayah 11.370, terbagi dalam 3.218 KK, dan masuk di 59 dusun, rata-rata berada di wilayah bagian selatan dan timur yang merupakan daerah bukit karst, belum ada solusinya, jadi masih mengandalkan bantuan dropping air bersih,“ ujar Kuswandi.

Camat Paranggupito, Purwoto, mengungkapkan dari total 7 telaga yang ada tak satupun menyisakan air. Kesemuanya kering kerontang. “Sudah hampir satu bulan ini telaga mengering, beruntung ada sedikit pasokan air dari PDAM, tapi khusus wilayah Desa Gendayakan tidak terdapat instalasi ledeng, jadi tolong kalau ada bantuan air bersih supaya didistribusikan ke Gendayakan dulu,” pintanya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge