0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

41 Desa di Wonogiri Kekeringan

Antri air bersih saat kekeringan di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Setidaknya 75.000 jiwa atau 17.260 KK (kepala keluarga) di 41 desa /kelurahan di wilayah Kabupaten Wonogiri tahun ini (2012) dilanda bencana krisis air bersih dan kekeringan. Desa-desa tersebut tersebar di 8 kecamatan.

Berdasarkan data dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda setempat sebelumnya baru terpantau 7 kecamatan. Namun, setelah dilakukan pengecekan angka tersebut bertambah satu lagi menjadi delapan kecamatan.

Kecamatan yang terpantau paling akhir adalah Nguntoronadi dengan 7 buah desa,615 KK dan 2.730 jiwa terkena krisis air bersih. Sedangkan kecamatan lainnya, Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Paranggupito, Giriwoyo, Batuwarno, dan Manyaran.

Kabag Kesra Wonogiri Maryanto ketika mendampingi Asisten Setda Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Bambang Haryadi, Jumat (29/6) mengungkapkan, meskipun ada perubahan data, dipastikan jumlah warga yang terkena krisis air bersih dan kekeringan tak jauh berbeda dengan tahun kemarin.

“Tahun kemarin ada 74.895 jiwa, dan kami pastikan tahun 2012 ini tidak akan berbeda jauh, mungkin malah bertambah menjadi 75 ribu jiwa, ini setelah kami mengecek ulang laporan yang masuk,“ ujar Maryanto.

Untuk memastikan angka yang sebenarnya, lanjutnya, Bagian Kesra dan Kecamatan serta Pemerintah Desa dari wilayah terlanda bencana akan melakukan koordinasi lebih intensif lagi. Dan hasilnya baru bakal bisa diperoleh sekitar awal bulan Juli mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge