0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sabtu, Hasil Seleksi Diumumkan

PPDB SMP Plus, Banyak Orangtua Bingung

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Plus di SMPN 11 Solo (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMP Plus, hari ini, Jumat (29/6) Juni memasuki hari terakhir. Sesuai jadwal, pengumuman PPDB SMP Plus dilakukan Sabtu (30/6).

Mulyati, Kepala SMPN 11 Solo (salah satu SMP Plus) mengakui pelaksanaan PPDB SMP Plus yang baru pertama kali diterapkan di Kota Solo ini membuat banyak panitia mengalami kebingungan. “Kuota SMPN 11 yakni 192 dikurangi siswa Gakin 19 jadi tinggal 173 orang. Mekanisme seleksi kalau pendaftar melebihi kuota maka akan diambil nilai UN tertinggi. Tapi juga ada masukan dari dinas (Dikpora) jarak rumah siswa dengan sekolah bisa diperhitungkan,” ungkapnya. Ditambahkan, hingga hari ini sudah ada 236 anak yang mendaftar.

Menurutnya, rata-rata anak yang mendaftar di SMP N 11 bermasalah dengan jarak rumah dengan sekolah. “Ini kita juga tetap kroscek ulang apakah itu termasuk data Gakin dalam SK walikota terbaru. Data tak sama, kadang RT RW kosong, ya butuh ekstra juga ini,” tandasnya.

Sementara itu, mengenai klarifikasi, pihaknya menemukan ada anak yang ikut KK (Kartu Keluarga) kakeknya. “Mbahnya itu kaya tapi orangtua si anak tak bekerja, nah itu yang membingungkan. Selain itu banyak yang bingung masalah claster itu juga. Ada SD nya ini kok malah dapat SMP Plus yang jauh itu, padahal clasternya kan mengenai jarak. Saya kasihan yang teman-teman panitia PPDB, kadang atasan bagus buat ide, tapi yang repot itu yang bawah, untuk pelaksanaannya,” paparnya.

“Kami juga menemukan siswa KK Sukoharjo, tahu-tahu kok diberi Kartu Gold, validitas siswa SD yang diberi itu saya ragu. Kan kelihatan orang mampu atau tidaknya. Ini ya mengurangi hak mereka yang sebenarnya dapat yakni orang tak mampu kok malah nggak dapat. Kategori Gold juga perlu diklarifikasi, RT/RW juga jangan sembarangan mengeluarkan pernyataan miskinnya,” harapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge