0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kesepakatan Rakor

IMB Rumah Ibadah di Soloraya Gratis

Rakor FKUB se Soloraya di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo —  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Soloraya menyepakati sejumlah hal dalam rapat koordinasi (Rakor), Kamis (28/6). Beberapa hal yang disepakati di antaranya, rekomendasi IMB (ijin mendirikan bangunan) rumah ibadah tanpa pungutan biaya alias gratis, dan pendirian rumah ibadah di wilayah perbatasan harus diketahui FKUB di kedua wilayah.

Ketua FKUB Sukoharjo, Suwaji menjelaskan, persoalan yang sering dihadapi di beberapa wilayah adalah terkait pendirian rumah ibadah. Karena pendirian rumah ibadah sering ditemui perbedaan sekte agama. Pihaknya berharap FKUB dapat lebih komunikatif dalam penyelesaiannya.

“Ada beberapa contoh yang sudah terjadi. Seperti dalam satu RW sudah ada gereja, namun sekte lain juga ingin mendirikan gereja di wilayah itu, sering terjadi benturan. Oleh sebab itu, melalui rekomendasi FKUB, masalah yang kemudian timbul dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujarnya.

FKUB juga menekankan setiap wilayah untuk mengantisipasi dini terjadinya konflik SARA, karena dapat mempengaruhi kondusivitas di daerah dan menghambat program kerja pemerintah. Rakor FKUB tahun 2012 mengambil tema “Menjaga Kerukunan Antar Umat Bergama”.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge