0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Sembarang Advokat Bisa Masuk Posbakum

()

Solo — Posbakum (Pos Bantuan Hukum) adalah lembaga yang dibiayai negara. Namun, tidak semua advokat dapat masuk dalam Posbakum. Hal ini di sampaikan Pejabat Humas PN Solo, Buddhy Hertantyo, Kamis (28/6).

Menurutnya, tidak sembarang advokat dapat masuk dalam Posbakum. “Ada syarat – syarat yang harus di penuhi sesuia dengan MoU antara PN Solo dan Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) serta Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin),” papar Buddy.

Lebih lanjut Buddy mengatakan, syarat-syarat advokat bisa masuk Posbakum yakni advokat atau advokat magang yang menguasai hukum menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menurut peraturan organisasi profesi advokat. Advokat juga harus memiliki pengalaman dalam pemberian bantuan hukum serta memiliki integritas tinggi dalam membantu pengadilan untuk mewujudkan pelayanan prima pengadilan dan menguasai tata cara beracara di pengadilan.

Kemudian, tambah Buddy, menginggat anggaran dari pemerintah untuk Posbakum hanya Rp 1.100.000 pertahun, maka advokat sangat dituntut untuk benar-benar memberikan bantuan hukum secara tulus dan ikhlas kepada masyarakat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge