0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Program Bike To Work

Patroli, Polisi Klaten Ngontel Keliling Kota

Satlantas Polres Klaten menggiatkan penggunaan sepeda ontel dalam beraktifitas (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Satlantas Polres Klaten mulai menggalakkan program bike to work dalam tugas sehari-hari. Upaya ini sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam menghemat energi.

“Hingga saat ini, sedikitnya sudah ada 65 anggota Satlantas yang menggunakan sepeda ontel untuk beraktifitas tanpa dibatasi waktu. Baik mulai dari berangkat, kegiatan patroli, hingga pulang dari bekerja,” ujar Kanit Regident Satlantas Polres Klaten, Iptu Marwanto, Kamis (28/6).

Dengan bike to work, kata Iptu Marwanto, anggota Satlantas bisa lebih dekat dengan masyarakat. Selain itu pihaknya sekaligus memberi contoh dalam berlalu lintas di jalan raya. “Saat lampu merah, pengguna sepeda ontel saja harus berhenti. Apalagi yang menggunakan sepeda motor,” ujarnya.

Iptu Marwanto menambahkan, meski demikian tidak semua kegiatan dilakukan dengan menggunakan sepeda ontel. Untuk kegiatan yang membutuhkan mobilitas cepat, anggota tetap menggunakan kendaraan bermotor sebagai sarananya.

“Agar pelayanan tidak terhambat, untuk suatu keadaan yang membutuhkan mobilitas cepat kami menggunakan sepeda motor,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Yuswanto Ardi mengatakan, program bike to work merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Satlantas Polres Klaten untuk mendukung program penghematan energi yang dianjurkan oleh pemerintah. Selain itu juga untuk penyelamatan lingkungan hidup.

“Dengan bike to work, diharapkan dapat memberi contoh kepada masyarakat tentang keuntungan menggunakan sepeda ontel. Selain sehat, kami juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Rencananya, program bike to work ini akan dilaunching dalam Upacara HUT Bhayangkara pada 1 Juli 2012 mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge