0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank Salurkan Total Dananya pada Masyarakat

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Doni P Joewono (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Indikator tingkat intermediasi perbankan, yakni Loan to Deposit Ratio (LDR) pada Mei 2012 sebesar 101,49%. Hal ini mengindikasikan, seluruh simpanan masyarakat pada perbankan di wilayah eks-Karesidenan Surakarta disalurkan dalam bentuk kredit/pembiayaan.

Bahkan, menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Doni P Joewono, perbankan juga menggunakan modalnya sendiri untuk mendorong akselerasi kredit. Sementara itu, kualitas kredit juga tetap terjaga, tercermin dari rasio Non Performing Loan (NPL) Gross sebesar 2,77%.

Dijelaskan, pertumbuhan kredit konsumsi terutama ditopang pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB), dengan proporsi terhadap kredit konsumsi masing-masing sebesar 35,26% dan 3,00%.

“Dilihat dari sektor ekonomi, kredit perbankan sebagian besar disalurkan ke sektor perdagangan besar dan eceran senilai Rp 8,94 triliun. Disusul sektor industri pengolahan Rp 7,80 triliun serta sektor real estate dan persewaan sebesar Rp 1,23 triliun,” imbuh Doni dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Selain itu, lanjutnya, kredit rumah tangga untuk pemilikan rumah, flat atau apartemen, ruko atau rukan, kendaraan bermotor, peralatan rumah tangga, elektronik dan untuk keperluan multiguna yang tercakup dalam kredit sektor penerima kredit bukan lapangan usaha, juga memiliki porsi cukup besar mencapai Rp 9,37 triliun.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge