0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Kuat Bayar Pengacara, PN Sediakan Posbakum

()

Solo — Bagi warga yang terjerat hukum dan tidak kuat membayar pengacara jangan takut akan keluar uang banyak untuk mendapat pendampingan hukum. Sejak tahun 2010, Pengadilan Negeri (PN) Surakarta telah menyediakan pelayanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Humas PN Solo, Buddhy Hertantyo mengatakan, dasar diadakannya Posbakum yakni Surat edaran Mahkamah Agung (MA) Nomer 10/2010 tentang pedoman pemberian bantuan hukum yang memerlukan bantuan untuk menangani dan menyelesaikan perkara hukum di pengadilan.

“Progam ini sebenarnya sudah lama, kami telah membuat MoU dengan dua organisasi advokat di Solo yakni Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) dan Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin),” papar Buddy kepada wartawan, Rabu (27/6).

Lebih lanjut Buddy mengatakan, pihak yang dilayani adalah orang perorang atau kelompok yang terjerat hukum tapi secara ekonomis tidak mampu membayar jasa advokat. “Nantinya, advokat piket wajib memberikan advis pada mereka yang minta bantuan. Syaratnya, mereka tinggal menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat tinggalnya,” jelas Buddy.

Sementara itu, perwakilan Peradi yang menandatangani MoU, Budi Kuswanto menjelaskan, pihaknya sudak menunjuk 10 advokat. Mereka akan dijadwalkan berpiket secara bergilir di ruang Posbakum PN Solo dan melayani warga yang butuh bantuan. “Ini merupakan wujud nyata bahwa pengacara tidak selalu berorientasi ada profit dalam pendampingan hukum bagi siapapun,” ujar Budi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge