0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UKM Solo Bakal Pameran di Cina dan Hongkong

PRODUK UKM-Sejumlah produk UKM yang dipamerkan di sela-sela acara Temu Teknis dan Sosialisasi Produk UKM Ekspor Impor, di Hotel Sahid Jaya Solo, Kamis (28/6) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Pemerintah terus berupaya memfasilitasi pengembangan pasar sektor usaha kecil dan menengah (UKM) Tanah Air. Salah satunya melalui ekspansi pasar dengan membidik kawasan Asia sebagai alternatif tujuan ekspor.

Kepada wartawan, Asisten Deputi Urusan Ekspor dan Impor UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Bonar Hutahuruk, mengatakan selain intensif menggarap pasar Malaysia, pada 2012 ini pemerintah juga akan memfasilitasi penetrasi pasar ke negara lain seperti Cina, Hongkong dan Dubai. Mengingat ketiga negara tersebut memiliki potensi pasar yang cukup prospektif.

“Orientasinya pameran ke Cina pada September nanti. Selain itu, Hongkong juga akan jalan pada awal Juli dan Dubai pada September,” ujarnya ketika ditemui wartawan di sela-sela acara Temu Teknis dan Sosialisasi Produk UKM Ekspor Impor, di Hotel Sahid Jaya Solo, Kamis (28/6).

Sementara itu, saat ini produk UKM Tanah Air baru menyumbang sekira 16 persen dari keseluruhan ekspor nasional. Oleh sebab itu, diakui Bonar, Kementerian Koperasi dan UKM berniat menggenjot pertumbuhan ekspor produk UKM, sehingga diharapkan pada 2014 mendatang mampu memberi kontribusi hingga 20 persen pada ekspor nasional.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge