0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tim Sepakbola Solo Dicoret dari Porprov 2013?

Kompetisi Internal Persis Solo di Stadion R Maladi (Timlo.net / Aji)

Solo — Tim sepakbola Kota Solo terancam gagal mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XIV 2013 di Banyumas mendatang. Penyebab paling utama adalah kekosongan pengurus baru yang lebih jelas dan resmi berdasarkan muyawarah cabang, yang hingga kini urung dilaksanakan Pengcab PSSI Solo.

Masa jabatan Ketua Umum (Ketum) PSSI Solo di bawah komando FX Hadi Rudyatmo (yang kini menjabat Wakil Walikota Solo) berakhir pada 10 Desember 2011 silam. Namun, hingga kini, belum ada pergerakan menggelar musyawarah cabang (Muscab) untuk memilih Ketum yang baru. Kerugian-demi kerugian pun bakal menanti Pengcab PSSI Solo, salah satunya adalah kemungkinan dicoretnya tim sepakbola Solo dari Porprov 2013 mendatang.

Padahal dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solo memberi batasan untuk mengumpulkan Surat Keterangan (SK) Kepengurusan hingga Rabu (27/6). Kini PSSI Solo terancam batal tampil di berbagai kejuaraan resmi jika belum juga membentuk pengurus yang baru. Seperti yang tertuang dalam Peraturan Porprov Jateng XIV Bab IV, Pasal 20, ayat 1.

“Semuanya sudah tercantum dalam Peraturan Porprov Jateng. Jika sepakbola belum memiliki kepengurusan baru, tidak bisa ikut Porprov XIV di Banyumas,” ujar Staf Sekretariat KONI Solo Mey Puspitasari, kemarin.

Setali tiga uang, tidak hanya terancam pencoretan cabang olahraga saja, dana bantuan alias hibah pun dipastikan tak akan datang lantaran belum ada kepengurusan yang sah dan jelas. Sesuai Peraturan Wali Kota Solo tahun 2011, Bab II, Pasal 3, ayat 2, tentang Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), memuat identitas penerima hibah, tujuan, dan jumlah uang yang dihibahkan. Artinya semakin lengkap penderitaan pengelolaan cabang sepakbola di kota Solo jika semua itu terjadi, dan penyebabnya karena belum juga menggelar Muscab dengan agenda menentukan pengurus baru.

Secara terpisah, Chaidir Ramli selaku anggota bidang pembinaan Pengkot PSSI Solo membenarkan hingga saat ini belum terbentuk kepengurusan baru. Saat ditanya seputar kapan rencana pembentukan pengurus baru, dirinya masih enggan menjawab. “Yang pasti ini bukan wewenang dan ranah saya, karena saya hanya berkecimpung di pembinaan. Namun demikian, saya berharap muscab segera dilakukan agar pembinaan juga bisa berjalan sehat,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge