0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendaftar SMK Membludak

SMA Swasta di Boyolali Kesulitan Cari Murid

()

Boyolali —  Maraknya SMK di Kabupaten Boyolali berimbas pada minimnya minat siswa untuk mendaftar ke SMA. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah sekolah swasta kelimpungan mencari peserta didik baru untukTahun Pelajaran 2012/2013. Tidak hanya SMA  swasta, sekolah negeri pun terkena dampak dari membanjirnya minat ke SMK.

Salah satu sekolah swasta yang terkena dampak dari membanjirnya sekolah SMK adalah SMA Kanisius Yos Sudarso Boyolali. Hingga hari keempat pendafataran peserta didik baru, sekolah tersebut baru mendapat 18 siswa dari 35 pendaftar yang sudah melakukan daftar ulang. Padahal, pihak sekolah menyiapkan dua ruang kelas dengan jumlah siswa 64 orang.

“Kita khawatir juga, tapi kita menunggu pada hari terakhir nanti, limpahan dari sekolah negeri,” ungkap Kepala SMA Yos Sudarso, Dra Melania Sri Rhayu, Kamis (28/6).

Selain membuka pendaftaran, pihak sekolah juga melakukan upaya untuk menambah peserta didik. Salah satunya dengan melakukan door too door ke rumah-rumah dan sekolah. Langkah ini sudah dilakukan sejak empat tahun silam. Sekolah juga memberikan pendaftaran gratis bagi siswa yang ingin mendaftar ke SMA Kanisius.

Di sisi lain, Kabid SMA SMK Disdikpora Boyolali, Wakimun, mengakui hal tersebut. Minimnya minat peserta didik ke SMA dirasakan tahun ini. Sementara untuk SMK, diakui jumlah pendaftar membludak. Bahkan, sebagian sudah menenuhi kuota.

Menyikapi persoalan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Boyolali, Mulyanto, meminta pihak dinas untuk tidak tinggal diam. Dinas harus proaktif agar sekolah swasta bisa tetap eksis. (byl)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge