0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wawali: Diupayakan Masih Tetap di Solo

SIEM Diundur?

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang bakal dilantik menjadi Walikota Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Pelaksanaan Solo International Ethnic Music (SIEM) pada 4-8 Juli mendatang terancam ditunda. Masalahnya, hingga saat ini belum ada titik terang serta kejelasan dimana event berskala internasional tersebut diadakan.

Meski Pemkot telah mengupayakan untuk bernegosiasi dengan panitia agar tetap menyelenggarakan SIEM dan bukan event yang lain, namun sampai saat ini belum membuahkan hasil. Seperti halnya yang dikatakan Wakil Walikota (Wawali) Solo FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Kamis (28/6) siang. Wawali mengaku dirinya belum berhasil menghubungi Bambang Sutejo, Ketua Panitia Penyelenggara SIEM, meski dirinya berulangkali telah menghubungi Bambang.

“Sampai sekarang belum bisa saya hubungi,” kata Rudy, sapaan Wawali. Namun demikian, dirinya tetap akan mengupayakan agar SIEM tetap diselenggarakan di Solo.

Mengingat jadwal pementasan yang semakin dekat, mau tidak mau Pemkot harus berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Salah satu solusi alternatif yang bisa diambil oleh Pemkot adalah pengunduran waktu pelaksanaan SIEM. “Memungkinkan ditunda, namun diupayakan masih tetap di Solo. Kalau menurut saya, opsi paling aman adalah ditunda,” tuturnya.

Wawali sendiri akan meminta Walikota Solo Joko Widodo untuk menghubungi panitia SIEM agar bisa diajak untuk berdialog. Wawali berjanji akan mengupayakan komunikasi dengan pihak-pihak terkait secara bertahap. Pihaknya akan bertemu baik dengan panitia dan budayawan secara terpisah untuk mencari solusi terbaik. Setelah ada kesepahaman pendapat, kedua pihak tersebut baru akan dipertemukan.

Permasalahan tersebut mencuat beberapa waktu lalu yang disebabkan oleh penolakan venue SIEM di Taman Balekambang oleh sejumlah kalangan seniman. Pasca penolakan tersebut, panitia lebih memilih menggelar event dengan nama yang lain, yakni “Kereta Kencana World Music Festival” yang diselenggarakan di luar Kota Solo dan disebut-sebut digelar di Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge