0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UKM Solo Melenggang ke Pasar Internasional

PRODUK UKM-Sejumlah produk UKM yang dipamerkan di sela-sela acara Temu Teknis dan Sosialisasi Produk UKM Ekspor Impor, di Hotel Sahid Jaya Solo, Kamis (28/6) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) Kota Solo kembali mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Kali ini, melalui Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah bermaksud memfasilitasi pengembangan usaha melalui pameran ke mancanegara.

Melalui event pameran tingkat internasional, Asisten Deputi Urusan Ekspor dan Impor UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Bonar Hutahuruk, berharap pelaku usaha Tanah Air mampu memperluas segmen pasarnya dengan menggaet buyer alias pembeli potensial. Dengan begitu, hal ini bisa mengerek pertumbuhan ekspor produk nasional yang sempat melorot akibat terkena dampak krisis Amerika dan Eropa.

“Kita nanti di sana tidak jualan, tapi cari buyer. Sementara ini kita mengurangi pemasaran ke Eropa dan lebih fokus ke Asia seperti Hongkong dan Cina yang cukup prospektif,” terang Bonar Hutahuruk, saat ditemui wartawan di sela-sela acara Temu Teknis dan Sosialisasi Produk UKM Ekspor Impor, di Hotel Sahid Jaya Solo, Kamis (28/6).

Sementara guna menjaga kualitas produk yang berdaya saing, Bonar berharap pelaku UKM senantiasa melakukan inovasi sesuai kebutuhan pasar. Tidak hanya menyesuaikan tren desain, namun juga pewarnaan, motif dan tekstur dengan berbagai sentuhan teknologi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Nur Haryani, dalam pesan singkatnya menyatakan pihaknya telah menyiapkan 20 pelaku UKM untuk bisa turut serta dalam pameran internasional. Selain industri kerajinan tangan, Dinas Koperasi dan UMKM juga memfasiliasi pelaku usaha batik untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge