0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semifinal Piala Eropa 2012

Bang Jun Yakin Jerman Singkirkan Italia

Pelatih Persis Solo, Junaidi (dok.tomlo.net/aji)

Solo —  Setelah Spanyol sudah memastikan diri lolos ke partai final Piala Eropa (Euro2012 dengan menyingkirkan Portugal di semifinal. Kini giliran dua negara dengan nama besar sepakbola saling bersaing memperebutkan satu tempat untuk bertemu Spanyol. Ya, Jerman dan Italia akan saling beradu pada laga krusial di Stadion Olympic, Warsawa, Polandia, Jumat (29/6) dini hari nanti.

Pelatih Persis Solo versi LPIS Junaidi kembali memberikan ulasannya mengenai laga yang diprediksi menegangkan itu. Duel antara Jerman vs Italia dini hari nanti adalah edisi yang ke 31 kali keduanya bertemu. Jerman yang tampil trengginas di sepanjang penampilannya di Piala Eropa kali ini, disebut Junaidi menjadi alasan tim berjuluk Der Panzer dapat menyingkirkan Italia.

Setidaknya 15 kemenangan beruntun di ajang pertandingan resmi sudah ditorehkan anak asuh Joachim Loew, termasuk 4 laga di Piala Eropa kali ini sebelum bertemu Italia. Statistik tersebut jelas membuat tiap calon lawan Jerman bakal keder. Belum lagi kemampuan para gelandang dan kesuburan para penyerang Jerman menjadi senjata yang mematikan. Terbukti di laga perempatfinal kemarin, Jerman dengan perkasa menjungkalkan Yunani 4-2.

“Aku rasa Jerman sanggup mengalahkan Italia. Bukan rahasia lagi mental dan kemampuan dari segi fisik Jerman, jelas unggul diatas Italia. Apalagi Italia sering memainkan tempo lambat dan cenderung bertahan, hal itu akan dimanfaatkan Jerman,” kata Junaidi.

Namun demikian, sejarah telah mencatatkan bahwa Jerman selalu kesulitan ketika berhadapan dengan Italia.14 pertandingan dimenangkan Italia, Jerman hanya sanggup membalas 7 kemenangan, sedangkan 9 sisanya berakhir imbang. Tujuh pertemuan terakhir, Jerman tidak mampu mengalahkan Italia. Termasuk saat pertemuan di rumah sendiri yakni di semifinal Piala Dunia 2006 silam. Bermain di markas sendiri, Westfalen Stadium Dortmund, Jerman menyerah 0-2 dari Italia lewat gol Fabio Grosso dan Alessandro Del Piero.

“Rekor hanyalah urusan di atas kertas dan itu masa lalu. Tapi pertandingan di lapangan nanti akan berbeda. Jerman bakal menjadikan rekor sebagai pengalaman,” pungkasnya.

Pemenang antara Jerman Vs Italia bakal bertemu juara bertahan Spanyol di final 1 Juli mendatang. Di semifinal pertama, Spanyol berhasil mengalahkan Portugal melalui adu penalti 4-2.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge