0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pengadaan Buku LKS

Dituduh Menipu, Bintang Siap Dipanggil Polisi

Tri Bintang Budiharjo Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukoharjo Kota, Tri Bintang Budiharjo, mengaku siap memenuhi panggilan penyidik Polresta Surakarta terkait laporan CV Widya Duta Solo dengan tuduhan penipuan pengadaan buku LKS (Lembar Kerja Siswa).

Menurut Bintang, tuduhan penipuan yang ditujukan kepadanya itu tidak tepat. Pasalnya, pihaknya juga merupakan korban penipuan dalam kasus tersebut.

“Buku LKS yang dimaksud bukan dipesan oleh Dinas Pendidikan Sukoharjo. Buku itu atas pesanan sekolah swasta untuk diedarkan di wilayah Jawa Tengah. Jadi tidak ada hubungannya dengan Dinas Pendidikan Sukoharjo. Saya juga  tertipu. Sampai dua sertifikat rumah saya menjadi agunan dalam order LKS tersebut hingga kini belum kembali,” terangnya, Kamis (28/6).

Dijelaskan, bahwa peristiwa itu bermula pada awal tahun 2011. Teman baiknya, Al Gozali pemilik CV Griya Ilmu mendapatkan order pembuatan 5,1 juta eksemplar buku LKS dari yayasan swasta. Karena tidak memiliki modal cukup, kemudian Bintang memperkenalkan Gozali kepada Yulianto yang merupakan salah satu Direktur CV Widya Duta Solo.

“Awalnya Saya hanya sebagai penghubung antara Gozali dengan Yulianto. Dalam MoU memakai nama saya. Bukan itu saja, sebagai pengikat kontrak 2 sertifikat saya pun dipakai sebagai agunan. Nilai kontraknya yang ditandatangani bulan Mei 2011 lalu Rp 900 juta. Jadi hanya nama saya yang dipinjam, terlebih sekarang Yulianto sudah tidak menjadi bagian dari CV Widya Duta atau keluar,” jelas Bintang.

Senin (25/6), Tri Bintang dilaporkan Direktur CV Widya Duta, Karunia Budiawan ke Polresta Surakarta. Laporan itu terkait dugaan kasus penipuan pengadaan buku Lembar Kerja Siwa (LKS) yang dipesan 2011 lalu. Namun, dalam proses perjalanan tiba-tiba percetakan LKS dihentikan sepihak oleh pemesan. Widya Duta diketahui mengalami kerugian sebesar Rp 1,3 miliar.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge