0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendapatan Daerah Tidak Optimal

Banyak Perusahaan Tambang Wonogiri Tak Berijin

Wonogiri – Dari ratusan pengusaha pertambangan yang beroperasi di wilayah Wonogiri ternyata belum semuanya memiliki IUP (Ijin Usaha Pertambangan). Akibatnya pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi tambang tidak bisa dioptimalkan.

Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM), Arso Utoro melalui Kabid Sumber Daya Mineral, Patrem Joko  di komplek Setda setempat, Kamis (28/6), menjelaskan, ““Perinciannya jumlah perusahaan yang memiliki IUP untuk kategori bahan tambang mineral non logam baru ada 568 perusahaan, kalau yang menambang untuk jenis logam ada 14 buah.”

Patrem hanya bisa memperkirakan jumlah perusahaan tambang dari kedua kategori ini mencapai ratusan. Sebab belum bisa didapat data pasti secara keseluruhan, pasalnya banyak yang tidak memiliki IUP dan hanya perijinan umum saja.

Namun dirinya mengelak jika disebut kegiatan penambangan yang tak ber-IUP dikatakan ilegal. Menurut dia, ijin secara umum perusahaan sudah didapat, hanya ijin khusus pertambangan yang belum dipunyai.

“Tapi yang jelas akibatnya pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi tambang tak bisa dioptimalkan, sebab perusahaan yang tidak ber-IUP tentunya tidak menyetor pajak dan retribusi pertambangan,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge