0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bobotnya Turun 1 Ton

Esemka Ganti Bodi

Mobil dinas (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Menjelang uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang, penyempurnaan terhadap Mobil Esemka terus dilakukan. Berbagai upaya ditempuh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai principal produk mobil tersebut untuk menekan emisi buang yang dihasilkan Esemka.

Seperti dikatakan tim teknis Esemka, Budhi Martono. Saat ini, pihaknya sedang berupaya keras untuk menekan angka emisi buang kendaraan berkapasitas 1500 cc tersebut. Pengurangan bobot Esemka menjadi pilihan utama yang dilakukan. “Salah satu solusiya, dengan mengganti desain bodi mobil dengan bahan yang lebih ringan,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/6).

Saat ini, proses pembuatan bodi baru terus dikebut di salah satu bengkel milik PT SMK yang terletak di kawasan Cikarang, Bekasi. “Bodi baru ini lebih ringan dari sebelumnya,” tuturnya. Bahan yang digunakan untuk membuat bodi baru ini tidak murni logam seperti bodi sebelumnya, melainkan dikombinasikan dengan bahan fiber dan jenis bahan ringan lainnya.

Diharapkan, dengan bodi baru, berat mobil jenis Sport Utillity Vehicle (SUV) tersebut akan turun sekitar 1 ton. “Sebelumnya sekitar 2,1 ton. Harapannya nanti setelah diganti dengan bodi baru bisa menjadi 1,2 ton saja,” ungkapnya.

Tak hanya itu, tim teknis juga akan memotong sebagian sasis Esemka beberapa sentimeter panjangnya untuk menghasilkan bodi yang lebih ramping. Nantinya, bodi Esemka akan terlihat lebih pendek, karena hanya memasang 5 sheet saja di dalamnya.

Penyelesaian pengerjaan bodi baru sendiri nantinya sampai dengan pertengahan Juli mendatang. “Kalau bodi sudah jadi, langsung kita pasang,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge