0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komisi IV Dukung Pembuatan IPAL Darah

(Ilustrasi) Sejumlah anggota DPRD Kota Surakarta Sidak ke RPH Jagalan (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Ketua Komisi IV DPRD Kota Surakarta Teguh Prakosa, mengatakan sebaiknya Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jagalan menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk membersihkan kali di sekitar RPH. Hal ini perlu dilakukan sambil menunggu pengajuan anggaran pembuatan instalasi pengolahan limbah darah. Hal tersebut diungkapkan Teguh, usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RPH Jagalan, Rabu (27/6).

Saluran pembuangan limbah yang berdekatan dengan pemukiman warga, lanjut Teguh, pada awal-awal mungkin saja tidak menggangu masyarakat sekitar. Namun karena faktor cuaca seperti  air yang tidak mengalir saat kemarau menyebabkan saluran pembuangan tersebut sangat mungkin menyebabkan bau atau sejenisnya yang menggangu warga. “Sebaiknya RPH bekerjasama dengan masyarakat untuk membersihkan kali di dekat RPH, sambil menunggu pembangunan pengolahan limbah darah,” ujarnya.

Teguh sendiri mendukung langkah RPH yang akan mengajukan anggaran pembangunan  pengolahan limbah darah melalui APBD Perubahan mendatang. Pihaknya bahkan mendorong UPTPD RPH untuk segera menentukan berapa nilainya. “Pastikan saja berapa nilainya, nanti akan kita bantu perjuangkan penganggarannya,” tambah legislator PDIP ini.

Seperti diketahui, warga di dekat RPH Jagalan mengeluhkan pembuangan limbah darah di Kali Sonto. Limbah yang dikeluhkan tersebut merupakan cairan limbah darah sisa penyembelihan. UPTD RPH sendiri mengakui pembuangan limbah tersebut, namun UPTD juga menyalahkan warga yang membuang sampah di kali Sonto sehingga membuat kali Sonto juga tercemar.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge