0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disimpan di BP3 Prambanan

Benda Abad 15 Ditemukan di Candi Sukuh

Dua periuk kuno yang diduga peninggalan abad 15 Masehi itu saat ini disimpan di ruang Pokja Pemeliharaan Kantor BP3 Jawa Tengah di Prambanan, Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Tim Pemugaran Candi Sukuh dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah menemukan dua periuk kuno yang diduga peninggalan abad 15 Masehi.

Benda kuno yang terbuat dari gerabah ini ditemukan tim di lokasi pemugaran Candi Sukuh di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Selasa (26/6) lalu.

“Periuk itu ditemukan di panggung pangruatan sisi utara di bawah gapura lapis batu pertama Candi Sukuh. Satu periuk itu masih dalam keadaan utuh lengkap dengan tutupnya. Sedang satu periuk lainnya dalam kondisi rapuh dan sedikit rusak,” kata Kepala Unit Candi Sukuh, Deni Wahju Hidajat kepada wartawan di Kantor BP3 Jawa Tengah di Prambanan, Klaten, Rabu (27/6).

Deni menjelaskan, saat ini kedua benda kuno yang terbuat dari bahan sejenis gerabah tersebut disimpan di ruang Pokja Pemeliharaan Kantor BP3 Jawa Tengah di Prambanan, Klaten

“Kami akan lakukan rekonstruksi atas penemuan itu dan selanjutnya dilakukan kajian secara arkeologi dan konservasi dengan teliti. Hal ini untuk mengetahui lebih seksama temuan tersebut,” imbuh Deni.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge