0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Limbah Darah Dikeluhkan Warga, Dewan Sidak RPH

(Ilustrasi) Sejumlah anggota DPRD Kota Surakarta Sidak ke RPH Jagalan (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Jajaran Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Potong Hewan (RPH) Jagalan. Sidak tersebut guna melihat secara langsung saluran pembuangan limbah RPH yang dipermasalahkan warga. Sidak dipimpin Ketua Komisi IV Teguh Prakosa, Sekretaris Abdul Ghofar dan anggota Komisi IV Umar Hasyim, serta Hanindita Wisnu Broto.

Sebelumya, ada keluhan dari masyarakat yang menemukan adanya pembuangan limbah RPH. Masyarakat mengeluhkan adanya limbah gumpalan darah yang dibuang ke Kali Sonto.

Dalam Sidak tersebut, Jajaran Komisi IV ditemui Kepala Dinas Pertanian Kota Surakarta Weni Ekayanti dan Kepala UPTD RPH Tri Ananto. Para legislator tersebut meninjau saluran pembuangan limbah RPH serta sistem pemotongan hewan di RPH tersebut.

Kepala UPTD RPH, Tri Ananto, menjelaskan saluran pembuangan limbah RPH sendiri terdiri atas limbah darah, limbah daging, limbah isi perut dan limbah kotoran. Sampai saat ini hanya limbah darah yang belum ada instalasi pengolahannya. “Di Indonesia belum ada pengolahan limbah darah,” ungkap Ananto kepada jajaran komisi IV.

Sementara Kepala Dispertan Kota Surakarta Weni Ekayanti mengatakan, darah yang dipermasalahkan masyarakat mungkin merupakan darah yang terbawa pembuangan air RPH. Dijelaskan, untuk limbah darah, selama ini ditampung oleh RPH kemudian dijadikan pakan ikan. “Yang keluar itu sisa-sisa darah yang ikut bersama kotoran kemudian mengalir ke Kalisonto,” ujar Weni.

Dalam waktu dekat, Dispertan akan segera mengajukan anggaran instalasi pengolahan darah melalui APBD Perubahan sebesar Rp 100 juta. Ditanya mengapa tidak mengajukan sedari awal, Weni mengatakan selama ini tidak ada permasalahan terkait limbah darah. “Selama ini tidak ada masalah dan dari dulu dan juga RPH memang tidak ada penyaringan darah,” ujar Weni.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge