0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tips Mengatasi Jerawat

Solo — Jerawat atau kukul terkadang dinilai sebagian orang mengurangi nilai estetika wajah. Namun anda tidak usah khawatir, ada beberapa cara yang cukup mudah untuk mengatasinya.

Menurut penjelasan dr Yohanes Widodo Wirohadidjojo SpKK (K), pada dasarnya jerawat itu timbul bukanlah karena faktor keturunan melainkan berlebihan kelenjar endrogen (hormon laki-laki) yang diproduksi oleh tubuh. Selain itu juga masih banyak faktor-faktor ekssternal lain yang memengaruhi timbulnya jerawat.

Apakah muka Anda berjerawat atau kukulen? Nah, ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya :

1. Jangan menggunakan kosmetik yang menutupi kelenjar jerawat. Gunakan kosmetik yang bersifat non komedo genic
2. Hindari polutan yang nantinya mengakibatkan wajah menjadi kotor atau kusam
3. Jangan berkeramas di pagi hari, melainkan keramaslah pada sore hari. Dikarenakan kalau pagi hari, sore harinya sudah dalam keadaan kotor. Kotoran di rambut itu nantinya akan menempel pada sarung bantal dan menempel di muka.
4. Apabila hormon endrogen meningkat, hal tersebut bisa disebabkan banyak hal, tetapi sebaiknya dipakai untuk istirahat. Hal tersebut lebih baik untuk menurunkan produksi hormon endrogen.
5. Terakhir yang terpenting adalah apabila kita telah berjerawat jangan terlalu sering berada di depan cermin karena hal tersebut akan mengakibatkan labilnya faktor psikis dan berakibat akan mencongkel jerawat. Padahal biasanya posisi tangan sedang tidak higienis.

Itulah beberapa saran yang diberikan dr Yohanes Widodo sesaat sebelum meninggalkan Htel Novotel dalam acara pengenalan produk populex beberapa hari yang lalu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge