0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

18 Wajib Pajak Bermasalah Ditindak

Sejumlah wajib pajak (WP) tengah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II belakangan ini telah menindak 18 wajib pajak (WP) bermasalah. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari penegakan hukum guna mengamankan penerimaan pajak.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jawa Tengah II, Basuki Rakhmad, menjelaskan penegakan hukum terhadap WP bergerak mulai dari yang paling lunak seperti himbauan dan konseling hingga tindakan paling keras.

Adapun untuk penegakan hukum keras yang telah dilakukan Kanwil Pajak DJP Jawa Tengah II, di antaranya dilakukan pemeriksaan Bukti Permulaan sebanyak 15 kasus. Terdiri dari 11 kasus WP Badan dan empat kasus WP Orang Pribadi yang mana mayoritas bergerak di bidang tekstil. Selain itu juga dilakukan penyidikan sebanyak tiga WP pada 2012.

“WP yang disidik dan telah selesai proses di Pengadilan Negeri Surakarta sebanyak satu WP. WP tersebut dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana yaitu menyampaikan SPT dan atau keterangan lain yang isinya tidak benar,” ungkap Basuki kepada wartawan, di salah satu rumah makan di kawasan Manahan, Selasa (26/6).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge