0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Penggemar Kereta Api

“Keretaku Tak Berhenti Lama”

Calon penumpang kereta api membludak di stasiun (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kereta api mempunyai daya tarik tersendiri untuk Komunitas Pos Jaga Lintas (PJL) 99 Rail Fans Soloraya. Komunitas yang berdiri pada 15 Februari 2011 ini merupakan suatu wadah bagi para pecinta kereta api khususnya di eks-Karesidenan Surakarta. Selain itu, PJL 99 Rail Fans Soloraya juga berfungsi untuk menyalurkan hobi para penggemar kereta api.

Komunitas ini dulunya didirikan oleh 6 orang, di antaranya Indra Aug Yana, Ardi Setyawibisana, Rahmad Ditya Arseno Putra, Prasetyo Budi Utomo, Pandu Bagus Andika, Asmani Lukito. Sampai saat ini komunitas PJL 99 Rail Fans Soloraya telah beranggotakan sekitar 150 orang lebih dan kebanyakan berasal dari daerah Solo sendiri. Latar belakang anggotanyapun juga berfariasi mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai swasta, hingga PNS.

Menurut penuturan Indrayana selaku pembina komunitas PJL 99 Rail Fans Soloraya, komunitas ini diharapkan nantinya bisa menjadikan dunia railfanning tak lagi sebagai hobi eksklusif namun bisa dinikmati oleh siapa saja dengan mengutamakan azas kebersamaan. “Didirikannya komunitas ini agar hobi kereta api tidak dianggap eksklusif,” ujarnya saat ditemui Timlo.net dalam pesta komunitas beberapa hari yang lalu.

Dalam sosialisanya, komunitas ini menggunakan miniatur kereta api untuk mengenalkan visi dan misi komunitas tersebut. Adapun visi dan misi komunitas ini yaitu tempat untuk menanamkan dan memperkenalkan kecintaan kereta api kepada masyarakan serta menggalakkan program mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum khususnya kereta api.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge