0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDP SMA di Kabupaten Boyolali

Masih Ada Pungutan Penerimaan Siswa Baru

Pungutan siswa baru tingkat SMA/SMK di Boyolali ditemukan, Selasa (26/6). (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali — Pungutan penerimaan peserta didik baru (PPDB) ternyata masih ditemukan di Kabupaten Boyolali. Pungutan sebesar Rp 20 ribu setiap pendaftar ditemukan untuk tingkat SMA. Pungutan tersebut digunakan untuk membeli stop map dan tanda pembayaran pendaftaran.

Salah satu sekolah yang ketahuan melakukan pungutan sebesar Rp 20 ribu rupiah adalah SMA Negeri 3 Boyolali. Siswa yang mendaftar dipungut Rp 20 ribu dan diberi stopmap dan tanda terima pembayaran. Salah satu pendaftar, Joko asal Boyolali, mengaku saat mendaftar diminta membayar Rp 20 ribu.

Sementara Kepala SMAN 3 Boyolali, Suwarno, mengaku pungutan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Bersama antara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Kepala Kementrian Agama Boyolali. ”Dasar kita adalah itu, jadi sudah diatur didalam SKB,kita bisa memungut siswa maksimal 20 ribu dan bila ada ujian khusus bisa ditambah Rp 15 ribu, karena untuk biaya-biaya itu sama sekali tidak dianggarkan dalam anggaran sekolah,” ungkap Suwarno, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/6).

Di sisi lain, Anggota Komisi 4 DPRD Boyolali, Agus Ali Rosidi,menyayangkan adanya pungutan tersebut. Meski pungutan dasarnya SKB namun hal tersebut melanggar Permendikbud nomer 60 tahun 2010 dan PP No 71 tahun 2000 tentang larang pungutan dalam pendidikan. ”Kan sudah diatur, tapi kenapa masih melakukan pungutan bahkan ada dasarnya, apalagi nominalnya Rp 20 ribu, untuk stopmap dan snack, kasihan kan siswanya,” tandas Agus Ali Rosidi, yang melakukan sidak ke sejumlah sekolah.

Sementara untuk pendaftaran peserta didik tingkat smp, pihaknya tidak menemukan pungutan. Karena biaya pendaftaran diambilkan langsung dari BOS. ”SMP saja bisa, kenapa SMA/SMK tidak bisa,” tandas Ali Rosidi yang berencana memanggil pihak Disdikpora. (byl)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge