0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Desa Tlobong, Kecamatan Delanggu

Jelang Panen Padi Rojolele, Petani Gelar Kenduri

()

Klaten — Petani Klaten beserta seluruh elemen masyarakat akan menggelar kegiatan kenduri tani pambuko mongso dan kepyakan wulen pari di lahan padi Rojolele, Desa Tlobong, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Kamis (28/6) mendatang.

Dalam kegiatan ini sekaligus mengukuhkan dan mengenalkan kepada masyarakat tentang patembayan wulen pari. Kegiatan ini kerjasama antara petani dengan PT Tirta Investama.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengawali masa panen padi varietas Rojolele yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Klaten. Bupati Klaten Sunarno dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini,” ujar Koordinator Corporate Sosial Responsibilirty (CSR) PT Tirta Investama, Joko Santoso dalam surat elektronik yang diterima Timlo.net, Selasa (26/6).

Joko menjelaskan, kenduri tani pambuko mongso merupakan tradisi dalam kebiasaan masyarakat Jawa, khusus petani, setiap mengawali musim tanam pada awal tahun penanggalan Jawa.

“Pada awal Mongso ke-satu, petani biasanya melakukan upacara kenduri sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah,” imbuh Joko.

Dalam kegiatan kenduri tani tersebut, kata Joko, juga akan hadir tenaga ahli agribisnis dari Bina Swadaya Konsultan, Nanang Budiyanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge