0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Daftar Haji Sekarang, Berangkat Tahun 2022

Ahyani, Kasi Penyuluh Haji Kemenag Jateng (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Masyarakat Jawa Tengah yang berniat menunaikan ibadah haji ternyata harus ekstra bersabar. Pasalnya daftar tunggu calon haji (Calhaj) untuk Provinsi Jateng mencapai waktu 10 tahun. Ini berarti warga yang mendaftar haji tahun 2012 ini baru akan bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 2022.

Lamanya daftar tunggu disebabkan kuota Calhaj Jateng yang hanya statis pada angka 29.354 jemaah. Padahal di sisi lain antusiasme masyarakat Jateng untuk menunaikan ibadah haji secara umum meningkat dari tahun ke tahun.

 “Mau tidak mau memang harus seperti itu, sebab kuota kita terbatas, sebenarnya sudah kita usulkan untuk ditambah, tapi konsekuensinya ada Provinsi lain yang kuotanya dikurangi, dan tidak ada provinsi yang mau seperti itu, dan secara total kuota haji Indonesia masih tetap 210.000 jemaah,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penyuluh Haji Kantor Kementerian Agama Provinsi Jateng, Ahyani, di sela-sela memberikan pengarahan kepada Calhaj asal Wonogiri, di GOR Girimandala, Selasa (26/6).

Kuota calhaj Jateng, lanjut Ahyani, merupakan terbesar ketiga setelah Provinsi Jabar dan Jatim. Dan kondisi di kedua provinsi tadi dibilangnya serupa dengan yang terjadi di Jateng.

“Kalau secara umum kuota untuk Indonesia ditambah sepertinya kecil dikabulkan pemerintah Arab Saudi, sebab tempat di Mekkah, Madinnah, dan lainnya disana sangat terbatas untuk menampung seluh jemaah dari semua penjuru dunia, lha kalau nanti kuotanya ditambahi mau ditaruh dimana, ka malah kasihan?“ ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge