0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kekurangan Murid, SD di Wonogiri Digabung

Bangunan SDN II Pelem Purwosari yang lengang ini sebentar lagi bakal ditinggalkan seluruh murid, guru, dan karyawan. Proses belajar mengajar selanjutnya akan dijadikan satu di SDN I Pelem yang berjarak tidak terlampau jauh. (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Mulai tahun ajaran 2012/2013 mendatang, SD Negeri II Pelem, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri Kota bakal diregrouping alias digabungkan di SD Negeri I Pelem. Gara-garanya selama 5 tahun berturut-turut tak mampu memenuhi jumlah standar minimal siswa.

Kepastian regrouping disampaikan Kepala SDN II Pelem, Wiwik Purwaningsih didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Wonogiri Kota, Sri Hastuti, di ruang guru SDN II Pelem, Selasa (26/6).

“Total jumlah siswa kami adalah 38 anak, sangat jauh dari standar minimal yang mengharuskan setiap satuan pendidikan SD wajib memiliki 60 anak, makanya satu-satunya jalan ya diregouping ke sekolah terdekat dalam satu wilayah, dalam hal ini ke SD Negeri I Pelem,”  ungkap Wiwik Purwaningsih.

Selama 5 tahun berturut- turut, lanjut Wiwik, perolehan siswa baru di SD yang dikepalainya terus-terusan mengalami penurunan. Bahkan tahun kemarin (2011) anak kelas 1 hanya berjumlah 4 siswa.

Sri Hastuti menambahkan, regrouping telah mendapat persetujuan dari seluruh wali murid. “Tadi pagi sudah kami terangkan ke seluruh wali murid, Pak Kades Purwosari dan pengawas SD UPT juga hadir, dan akhirnya semuanya sepakat untuk dijadikan satu dengan SDN I Pelem mulai tahun ajaran 2012/2013 nanti,” tambahnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge