0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pisang Unik, Satu Batang Berbuah 2 Tandan

Seorang guru SD Negeri II Pelem Purwosari Wonogiri berpose disamping batang pisang unik yang tumbuh di halaman belakang sekolah (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Keunikan di dunia flora kembali terjadi di wilayah Wonogiri. Ada sebuah pohon pisang yang memiliki dua buah tandan, padahal pisang pada umumnya hanya mempunyai satu tandan.

Pisang yang boleh dibilang nyeleneh itu tumbuh di halaman belakang SD Negeri II Pelem, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri Kota. Sekitar 5 kilometer arah timur laut pusat pemerintahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Keunikan pisang bertandan dua itu kali pertama diketahui sang penjaga sekolah, Sriyanto (50) sekitar dua hari yang lalu, Minggu (24/6). “Saat itu saya sedang membersihkan pekarangan belakang, tidak tahu kenapa saya seperti harus menuju ke pohon pisang itu, pas sampai disana saya kaget, sebab tumbuh lagi tandan yang baru plus onthelnya, padahal minggu kemarin sudah muncul satu tandan,“ terang Sriyanto, Selasa (26/6).

Menurutnya, keunikan pisang jenis kepok hijau itu kemungkinan disebabkan DNA dari induknya. Pasalnya induk pisang dulunya juga memiliki kenyelenehan yang sama, bertandan dua buah.

“Dulu induknya juga bertandan dua, waktu matang pas dimakan bersama-sama rekan guru dan murid rasanya juga enak dan sama seperti pisang pada umumnya, nantipun kalau pisang ini sudah masak ya dimakan bareng-bareng lagi, wong milik sekolah,“ imbuh Sriyanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge