0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Waspadai Isu Berbau SARA

Gatot Gunawan, Kepala Bakesbangpolinmas Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Kabupaten Wonogiri, Gatot Gunawan menekankan, kemunculan isu berbau SARA seperti yang tahun lalu sempat mengguncang Wonogiri perlu tetap diwaspadai. Sebab tidak tertutup kemungkinan bakal terjadi lagi.

Isu SARA yang menggemparkan masyarakat tahun 2011 kemarin diwarnai pergesekan antar umat beragama. Yakni yang terjadi di Kecamatan Pracimantoro tentang upaya perekrutan umat salah satu agama berkedok penyaluran tenaga kerja. Dan pembangunan sebuah tempat ibadah di Kecamatan Slogohimo yang mendapat tentangan dari warga sekitar.

“Beruntung permasalahan tersebut sudah selesai secara damai, tapi kemunculan-kemunculan isu-isu sejenis harus tetap kita waspadai, bukannya mengharapkan akan terjadi lagi, tapi mengantisipasilah,“ ujar Gatot di Brumbung, Selogiri, Selasa (26/6).

Upaya pengantisipasian tersebut, lanjut Gatot, salah satunya dengan mengoptimalkan peran FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama). Lembaga yang sudah sudah terbentuk di Wonogiri ini menurutnya mampu menjadi mediasi dan antisipator adanya gesekan SARA khususnya agama.

Sementara itu Ketua FKUB Wonogiri, Hadi Narwoto mengatakan, pihaknya telah melakukan banyak hal guna menghindari adanya gesekan umat beragama.  “Yang juga perlu diperhatikan adalah adanya tindakan pemaksaan dalam mendirikan tempat ibadah. Ini seringkali memunculkan embrio terjadinya gesekan tersebut,“ jelas Hadi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge