0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Joko Yunannto: Terbanyak di Kota

Pecandu Narkoba di Klaten Meningkat

Sejumlah elemen masyarakat dan organisasi pemuda melakukan penandatangan kesepakatan pemberantasan Narkoba di Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkoba (GRANAT) Klaten mencatat pecandu Narkoba di Kabupaten Klaten dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Angka kenaikan rata-rata 1%-2% per tahun.

“Ini sangat memprihatinkan, apalagi mereka yang terkena kini mulai merambah di kalangan remaja,” ujar Ketua DPC GRANAT Klaten, Joko Yunanto saat ditemui wartawan usai apel peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) di Alun-alun Klaten, Selasa (26/6).

Joko menjelaskan, dari tahun 2010 kenaikan penyalahgunaan Narkoba di Klaten rata-rata mencapai 1% per tahun. Kemudian jumlah meningkat menjadi 2% pada 2011.

“Sedangkan pada 2012 ini, kami masih melakukan pendataan. Yang jelas masih ada peningkatan. Indikasi kondisi di lapangan, dari rata-rata 10 orang, tiga di antaranya pecandu,” ujarnya.

Joko mengatakan, hasil survey ini dilakukan hampir merata di wilayah Klaten. “Namun temuan terbanyak adalah di kota. Dari hasil temuan itu, 1% merupakan usia dewasa dan 2% didominasi usia pelajar,” kata Joko.

Menurut Joko, penyalahgunakan penggunaan narkoba tersebut karena faktor lingkungan. Untuk itu pihaknya mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bahu-membahu memerangi kejahatan Narkoba.

“Hal ini jelas harus disikapi tegas semua kalangan, bukan hanya aparat. Namun setiap elemen masyarakat wajib melakukan tindakan nyata untuk menekan jumlah pengguna Narkoba,” ujar Joko.

Sementara itu, data kasus Narkoba yang sudah ditangani Reskrim Polres Klaten dalam empat tahun terakhir menunjukkan peningkatan. Pada tahun 2009 ada 12 kasus dan 23 tersangka, kemudian tahun 2010 ada 15 kasus 24 tersangka dan tahun 2011 ada 17 kasus 18 tersangka.

“Sedangkan untuk tahun 2012 pada semester I ini ada 4 kasus 8 tersangka,” ujar Kasat Narkoba Polres Klaten AKP Y Riyanto mewakili Kapolres Klaten, AKBP Kalingga Rendra Raharja.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge