0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Kebut Pengerjaan Jalan Sebelum Lebaran

Salah satu titik pengerjaan jalan di Kota Solo (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Proyek perbaikan jalan di enam titik di Kota Solo ditarget kelar pertengahan bulan Puasa mendatang. Enam titik itu adalah Jl Tangkuban Perahu, jalan di utara Pasar Gede, Jl Kol Sugiono, Jl Brigjen Katamso, Jl Letjen Sutoyo, serta Jl Ki Gede Solo yang pengerjaannya sepaket dengan jalan di Stasiun Sangkrah. Pekerjaan di dua titik yakni Jl Tangkuban Perahu dan Jl Kol Sugiono saat ini sudah berjalan. Sedangkan empat titik lain sudah memasuki proses lelang.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo, Nur Basuki, menargetkan, pelaksanaan proyek tersebut selesai pertengahan bulan Ramadhan. “Saat arus mudik diharapkan sudah siap pakai sehingga pengguna jalan tidak terganggu pekerjaan proyek. Kami upayakan selesai tepat waktu,” katanya, saat menemui Ketua DPRD Kota Solo YF Sukasno, yang Sidak di proyek perbaikan Jl Tangkuban Perahu, Mojosongo, Jebres, Senin (25/6).

Enam titik jalan yang diperbaiki semuanya merupakan jalan kota. Perbaikan itu masuk dalam program pembangunan jalan yang dibiayai APBD 2012. Untuk nilai proyeknya, Nur menjelaskan, perbaikan di Jl Tangkuban Perahu sekitar Rp 550 juta. Untuk Jl Brigjen Katamso dan Jl Sutoyo, masing-masing sekitar Rp 200 juta, Jl Kol Sugiono Rp 600-an juta. Jalan di utara Pasar Gede Rp 600 juta, tapi sepaket dengan perbaikan jalan di sekitar Pasar Klithikan Notoharjo. Sedangkan nilai proyek Jalan Ki Gede Solo yang sepaket dengan jalan di Stasiun Sangkrah Rp 250 juta.

“Yang mengalami perbaikan total adalah Jl Tangkuban Perahu dan Jl Kol Sugiono. Sebab kerusakannya memang parah,” jelasnya.

Ketua DPRD YF Sukasno meminta perbaikan jalan tersebut kelar sebelum arus mudik, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan. Diharapkan, perbaikan jalan tersebut akan melancarkan arus lalu lintas. Sebab kendaraan tidak perlu repot-repot menghindari lubang jalan, yang membuat perjalanan terhambat. “Perbaikan jalan untuk saat ini fokus ke jalan kota. Sedangkan untuk perbaikan jalan provinsi, kami akan berkoordinasi dengan provinsi. Biar bisa segera ditangani,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge