0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Komputer di Solo Loyo

NOTEBOOK-Deretan notebook yang dipasarkan di ajang pameran komputer bertajuk National Computer Expo (NiCE) di Diamond Solo Convention Center, beberapa waktu lalu (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kalangan pelaku usaha komputer di Kota Solo menilai pada 2012 ini pasar komputer cenderung loyo. Tak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada semester pertama tahun ini, penjualan produk komputer cenderung meredup.

Hal ini, menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Andoko, ditunjukkan dengan minimnya transaksi di sejumlah toko komputer yang ada di Kota Solo. Bahkan, gelaran pameran komputer yang sempat dihelat dua pekan lalu di Diamond Solo Convention Center tak mampu menggaet pasar sebagaimana yang diharapkan.

Ini terbukti dari besaran nilai transaksi yang jauh dari harapan. Pada kesempatan itu, Apkomindo hanya mampu mendulang transaksi sekira Rp 7 miliar dalam lima hari penyelenggaraan. Sementara di awal pameran, asosiasi menargetkan nilai transaksi bisa tembus di angka Rp 10 miliar.

“Memang pasaran IT (Information Technology) cenderung sepi. Sebelum pameran sepi, waktu pameranpun jumlah pengunjung juga turun dari pameran sebelumnya. Ini setelah pameran juga menunjukkan tanda-tanda kelesuan,” ungkap dia kepada wartawan, di salah satu rumah makan di kawasan Badran, Senin (25/6).

Terkait lesunya pasar komputer ini, Andoko mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Hanya saja ia menduga, hal ini tidak lepas dari pengaruh perekonomian masyarakat yang berdampak pada daya beli.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perdagangan Apkomindo Solo, Oky P Isnanto, membenarkan pada semester I 2012 ini pasar komputer cenderung sepi. Hal ini tidak saja terjadi di Kota Solo, namun dialami pula di daerah lain.

“Memang ada penurunan kegiatan ekonomi di pasar komputer dan ini memang sudah dimulai sejak di awal tahun,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge