0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Kebutuhan Pokok di Solo Tetap Bersahabat

ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Kota Solo, pada awal pekan ini relatif bersahabat. Tak ada gejolak harga yang berarti, bahkan beberapa komoditas tertentu cenderung mengalami penurunan harga.

Berdasarkan pantauan di pasar induk, Pasar Legi, pada Senin (25/6), sejumlah komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat saat ini harganya relatif stabil. Selain cabai rawit merah dan cabai merah besar, komoditas pokok yang tidak mengalami perubahan harga, yakni beras, gandum, bawang putih, telur dan minyak goreng.

Salah seorang pedagang cabai, Heri Susanto, saat ditemui, mengatakan relatif stabilnya harga cabai tidak lepas dari kondisi pasokan yang terjaga optimal. Mengingat saat ini daerah penghasil seperti Klaten, Boyolali dan Sragen masih memasuki masa panen.

Terlepas dari itu, di awal pekan ini ada pula komoditas-komoditas utama yang justru mengalami penurunan harga. Sebagaimana ditunjukkan komoditas gula pasir, gula jawa dan bawang merah yang mengalami penurunan harga secara bervariasi mulai Rp 200 hingga Rp 2000 setiap kilogramnya.

Sementara itu, penurunan paling menyolok tampak pada komoditas bawang merah yang mencapai Rp 2000 untuk setiap kilogramnya. Jika sebelumnya komoditas ini dipasarkan dengan harga Rp 12 ribu perkilogram, kali ini diperdagangkan seharga Rp 10 ribu perkilogram.

Menurut salah seorang pedagang bawang, Purwanto, turunnya harga bawang merah ini juga sebagai akibat dari pengaruh faktor musiman. Saat ini, daerah pemasok utama komoditas bawang seperti Brebes masih dalam masa panen, sehingga suplai relatif melimpah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge