0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyambi Kerja kok Nyolong Besi, ya Ditangkap

Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Mulyani. (dok.timlo.net/agung)

Sragen  — Berharap mendapat uang tambahan, dua orang pekerja Pabrik Gula (PG) Mojo, Sragen, terancam dipecat dari perusahaanya. Mereka adalah Sugiyanto (36), warga Dusun Grasak, Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan dan Widodo (44), warga Dusun Puhireng, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang.

Keduanya kepergok petugas kepolisian ketika hendak membawa kabur besi curian dari kawasan PG Mojo, pada Senin (26/6) dinihari. Akibat ulah tersebut, kini keduanya harus meringkuk di tahanan Mapolres Sragen.

Aksi penangkapan bermula ketika petugas  kepolisian sedang mengadakan patroli malam. Saat melintas di kawasan PG Mojo, mendadak petugas dikejutkan dengan keberadaan kedua pelaku yang terlihat membawa kardus berisi beban berat. Curiga dengan bungkusan tersebut, petugas patroli akhirnya menghentikan langkah kedua pelaku. Petugas meminta keduanya untuk membuka isi bungkusan tersebut. Setelah diperiksa ternyata dari dalam kardus ditemukan sejumlah potongan besi yang diduga berasal dari dalam pabrik.

Petugas kemudian membawa kedua pelaku menuju pos Satpam. Setelah diperiksa ternyata barang tersebut berasal dari besi penggiling tebu. Yakin bahwa besi-besi tersebut berasal dari pabrik, keduanya langsung ditangkap dan dibawa ke Polres Sragen untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya.

Kasubag Humas Polres Sragen AKP Mulyani, mewakili Kapolres Sragen AKBP Susetio Cahyadi,  mengatakan, selain mengamankan kedua pelaku petugas juga menyita sejumlah potongan besi dengan panjang 40 cm dan berat sekitar 60 kg. barang tersebut diduga akan dibawa pulang ke rumah pelaku dan selanjutnya dijual. Diduga besi tua tersebut dipoting menggunakan mesin las.

“Jumlah pastinya masih kita hitung, akibat perbuatan tersebut keduanya diancam dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” kata Mulyani.

Sementara Sugiyanto salah satu pekerja PG Mojo saat diperiksa petugas mengkau nekat membawa potongan besi tersebut dengan harapan akan dijual kepada tukang rosok untuk mendapat uang tambahan.

“Saya pikir besi besi itu sudah tidak digunakan. Dari pada berkarat saya pikir lebih baik dibawa pulang,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge