0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tuntut Pembatalan RPP Tembakau

Petani Merapi-Merbabu Akan Geruduk Istana

Petani tembakau di Boyolali (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali — Petani tembakau di Kabupaten Boyolali mengancam akan mendatangi Istana Merdeka Jakarta untuk menuntut pembatalan Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau. Rencananya massa yang akan menggruduk ke Istana Negara mencapai ribuan orang. Aksi ini merupakan yang ketiga kalinya.

Belum adanya kepastian dari pemerintah pusat terkait pembatalan RPP Tembakau membuat petani tembakau di Kabupaten Boyolali resah. Aksi yang ketiga kalinya ini dilakukan setelah aksi pertama dan kedua hingga saat ini belum mendapat kepastian pembatalan RPP Tembakau dari Pemerintah Pusat.

Ketua Kelompok Perajang Tembakau Kecamatan Selo, Suharmin, menjelaskan, aksi penolakan RPP Tembakau akan diikuti seluruh petani tembakau di Lereng Gunung Merapi dan Merbabu. Para petani ini berasal dari empat kabupaten, yakni Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Boyolali.

“Kita akan bersatu dan bersama-sama ke Istana untuk meminta kepastian tentang pembatalan RPP Tembakau,” ungkap Suharmin ditemui di Gedung DPRD Boyolali, Senin (25/6).

Aksi yang akan dilakukan petani ini sebagai bentuk keresahan mereja bila RPP diberlakukan. Pasalnya, RPP tersebut membatasi produksi tembakau. “Kalau ini sampai diberlakukan, maka ribuan petani tembakau bisa gulung tikar, karena otomatis ini akan menurunkan harga tembakau yang merosot tajam,” papar Suharmin.

Rencananya mereka akan berangkat ke Istana Merdeka Jakarta pada 3 Juli ini, yang akan diikuti petani dari 56 desa di empat kabupaten tersebut. (byl)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge