0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

YPAC Music Percussion The Inspirator

Meski Terbatas, Mereka Bisa

()

Solo —  Sudah banyak bukti bahwa anak-anak berkebutuhan khusus bisa seperti halnya anak-anak biasa, bahkan lebih dari anak biasa. Hal itu bisa, asal ada kemauan dan upaya terus menerus.

Hal itulah yang ingin ditunjukan puluhan anak-anak berkebutuhan khusus melalui konser sederhana bertajuk YPAC Music Percussion The Inspirator di area Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (24/6).

Dengan keterbatasannya, anak-anak tersebut ada yang memainkan  bas, organ, ada pula yang  menjadi vokal. Melalui pertunjukan sederhana tersebut, Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) memberi pesan asal ada kemauan segala sesuatu bisa dilakukan.

Alat-alat yang dipakai dalam konser tersebut juga  tidak semuanya alat musik modern. Memang ada bass dan gitar, tetapi ada pula tempat sampah plastik yang dijadikan gendang. ” Pesannya, kami ingin mengatakan bahwa segala sesuatu yang tidak bermanfaat bisa menjadi bermanfaat jika kita menyikapinya dengan baik,” ujar Pembina Grup Musik YPAC, Sugian Noor.

Selain konser sederhana ditampilkan pula kemampuan anak-anak tersebut membuat kerajinan. Kerajinan yang dibuat antaralain tempat tissue berbentuk barbie, tas, gantungan kunci, steak es krim dan lain-lain. Guru ketrampilan YPAC, Endang Indarti mengakui tidak mudah untuk mengajari anak-anak membuat kerajinan seperti halnya tempat tissue yang bahannya dari manik-manik tersebut.

“Anak-anak biasanya cepat lupa. Untuk itu melatih anak-anak ya harus sabar,” ujarnya.

Untuk mengajari anak-anak tersebut, tambah Endang, setidaknya membutuhkan waktu 1/2 bulan untuk pengenalan. Sedangkan hasil dari kerajinan anak-anak tersebut dijual melalui bazar ada pula yang melalui pesanan. “Kadang ada tamu juga yang ke YPAC kemudian membeli kerajinan anak-anak,” papar Endang.

Kepada masyarakat, Endang berpesan supaya orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus tidak khawatir dan merasa terbebani. “Pelihara mereka dengan halus, karena mereka memang berperasaan halus,” ujarnya.

Jika para orang tua merasa kewalahan, YPAC siap menampung mereka. “Silahkan orang tua datang ke YPAC, kami dengan senang hati untuk membantu menangani anak-anak tersebut,” pungkas Endang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge