0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Becak Tingkat Bukan Pesaing Bus Tingkat

()

Solo — Jika Anda sering datang ke Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi pada hari Minggu, pastinya akan sering menjumpai becak roda empat yang berseliweran dengan 5-8 orang yang menaikinya. Becak-becak tersebut tenyata bukan milik perseorangan pengunjung, melainkan sengaja disewakan saat gelaran CFD.

Salah seorang pemilik usaha becak hias, William Praditya Utama mengatakan, becak-becak tersebut sengaja disewakan kepada pengunjung CFD. “Saat CFD kami sewakan Rp 10.000 untuk 15 menit. Jika tambah 5 menit tambah Rp 5.000,” papar warga Perum Seroja, Telukan, Sukoharjo ini saat ditemui sehabis pelaksanaan CFD, Minggu (24/6).

Wiliam mengaku mempunyai 30 becak hias. Rata-rata setiap CFD hanya 10 becak yang dikeluarkan. Untuk becak tingkat dengan 4 pedal mampu dinaiki 8 orang, sedangkan becak dengan pedal 2 hanya mampu menampung 5 orang.

Selain dikeluarkan saat CFD, becak dengan ornamen lampu tersebut juga disewakan di Alun-alun selatan. Menurut Wiliam, tarifnya sama, Rp 10.000 untuk satu putaran, kecuali untuk Sabtu dan Minggu menjadi Rp 15 ribu untuk becak tingkat. “Memang, baik di CFD maupun Alun-alun Selatan (Alkid), beberapa pengunjung menawar, sehingga terkadang kami tambah durasinya 5 menit dengan harga tetap,” tambahnya.

Untuk membuat becak hias tersebut, dibutuhkan Rp 10 juta untuk setiap becak tingkat. Sedangkan untuk yang tidak tingkat sekitar Rp 8 juta. Untuk perawatan, Wiliam mengaku tidak terlalu sulit. “Dua minggu sekali kita cuci, namun yang paling sering rusak adalah gear dan rantai,” lanjut William.

Di setiap CFD, rata-rata setiap becak hias William beroperasi 5 kali. Begitu pula di alun-alun selatan rata-rata 1 becaknya beroperasi 5 kali putaran  mulai pukul 15.30 WIB – 21.30 WIB.

Ditanya soal tarikan retribusai, William mengaku di CFD tidak ada tarikan. Hanya kalau di alun-alun selatan membayar Rp 5.000 per becak per malam  kepada keraton. “Jadi kalau saya mengoperasikan 10 becak maka retribusnya Rp 50.000,” ujar Wiliam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge