0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wajib Belajar 12 Tahun Dimulai 2014

Budi Setiono, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo (Dok.Timlo.net)

Solo — Mulai tahun 2014 mendatang, program Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun akan diberlakukan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun tengah merintis program ini. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kurikulum, Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Budi Setiono saat ditemui Sabtu (23/6).

Budi mengatakan, program wajib belajar 12 tahun direncanakan tahun 2014. “Ditargetkan realisasinya tahun 2014, saat ini Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kemendikbud masih mencari data kebutuhan di SMA dan SMK berapa biaya, apa kesulitannya, gimana mekanismenya dan kesulitannya juga. Apakah ada perbedaan kebutuhan antara sekolah satu dengan yang lain,” ungkapnya.

“Berapa bantuan yang diperoleh dari provinsi atau pusat. Tahun ini ada (R BOS) Rintsisan Bantuan Operasional Sekolah siswa SMA dan SMK dengan besaran Rp 120 ribu/ siswa/ tahun. Nah jika doterapkan Wajar 12 tahun kemungkinan akan ditambah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya masih diperlukan juga forum diskusi ke daerah-daerah. “Forum diskusi ini tidak hanya melibatkan Dikpora, tetapi juga enam kepala SMA, dan enam kepala SMK, baik negeri maupun swasta. Dan juga Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) maupun sekolah standar nasional,” jelasnya.

Ditambahkan, Wajar 12 tahun sudah menjadi program pemerintah, nantinya akan ada tahapan-tahapan dan hal ini masih memerlukan banyak kajian serta studi lapangan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge