0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo BMX Kurang Tempat Latihan

Suasana Car Free Day Jl Slamet Riyadi (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Tak ada rotan akar pun jadi. Itulah yang dilakukan Komunitas Solo BMX, sebuah komunitas olahraga sepeda ekstrem, dengan  memanfaatkan ruang senggang di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi sebagai tempat latihan, Minggu (24/6).

Olahraga tersebut, saat ini  mulai banyak peminatnya. Jumlah anggotannya terus bertambah. Saat ini Solo BMX mempunyai anggota 30 orang. Meskipun rata-rata usia mereka  masih belia, namun talentanya luar biasa. Mereka juga tak pernah absen dalam setiap ajang nasional.

Dengan tampil di CFD,  Solo BMX ingin menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat Solo melalui aksinya. Berbagai gerakan ekstrim khas sepeda BMX menjadi tontonan yang menarik.

Salah satu anggota, Sandro, terlihat fokus memperagakan Bunny Hop, salah satu teknik dasar. Dia melompati sebuah papan box yang dibuat miring lalu berputar. Papan yang disebut box grind itu biasa digunakan untuk latihan. ”Ini baru gerakan dasar. Yang lebih ekstrim bisa diperagakan para senior yang sudah pengalaman,” jelas pelajar kelas 3 SMA ini saat ditemui Timlo.net di sela latihan.

Penampilan para bikers itu memukau penonton yang datang. Saat latihan di CFD, mereka hanya menggunakan box grind dan besi berdiri yang disebut tirl grind. Meski peralatan sederhana mereka berencana rutin menggelar latihan di CFD. ”Ini baru ketiga kalinya kita memanfaatkan CFD. Sebelumnya latihan di kawasan Manahan, tapi harus membayar,” jelas Ayub Lukman, salah satu anggota Solo BMX.

Ayub menambahkan, selama ini komunitas Solo BMX kesulitan dalam mencari lokasi latihan. Tidak adanya tempat latihan, mengharuskan pemain berpindah-pindah tempat. Latihan hanya digelar seminggu sekali. ”Mumpung di CFD ada tempat senggang, kami ingin memanfaatkan untuk latihan. Kami juga giat menggelar even lokal. Namun, sejauh ini belum banyak mendapat respons dari Pemkot untuk memajukan,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge