0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IKAHUM Gelar Donor Darah di CFD

Wawali Rudy, Donor Istimewa

Wawali Solo, FX Hadi Rudyatmo donor darah, Minggu (24/6). (Dok.Timlo.net/ daryono)

Solo — Minggu (24/6) pagi, di area Car Free Day (CFD), sebuah bus mini milik  Palang Merah Indonesia (PMI) terparkir di sisi utara jalan Slamet Riyadi, persisnya di depan Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung. Di depannya terdapat tenda dengan beberapa orang yang sedang menjalani cek darah.

Tampak beberapa orang masuk ke dalam bus tersebut. Seorang di antaranya, pria berkumis yang cukup dikenal masyarakat Solo. Ya, pria tersebut adalah Wakil Walikota  Surakarta, FX Hady Rudyatmo yang sedang ikut mendonorkan darahnya dalam donor darah yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unisri (IKAHUM) tersebut.

Ketua Panitia yang juga Koordinator IKAHUM, Sutarto, SH MHum, menjelaskan kegiatan donor tersebut merupakan bentuk pengamalan sila ke-2 Pancasila. Selain itu, kegiatan donor darah tersebut juga untuk mengayubagyo Dies Natalis Unisri ke-32. Tak hanya itu, aksi sosial tersebut juga sebagai bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut, menurut Sutarto, aksi yang bekerja sama dengan PMI Solo tersebut sekaligus membantu PMI dalam menjaga stok darah. “Ini kan menjelang puasa, kita membantu menjaga stok darah PMI supaya tetap ada,” ujarnya saat ditemui Timlo.net, Minggu (24/6).

Aksi tersebut dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB. Sutarto mengakui tidak mempunyai target khusu berapa kantong darah yang dikumpulkan. “Ini kan terbuka untuk masyarakat umum, jadi siapa saja yang mau mendonor kita terima sampai pukul 09.00 WIB. Kebetulan kali ini kita kedatangan donor istimewa, Pak Wawali,” tambah Sutarto.

Selain aksi donor, sebelumnya sudah digelar reuni IKAHUM dan kemudian buka bersama pada puasa mendatang sebagai rangkaian kegiatan IKAHUM.

Ditemui selepas mendonorkan darahnya, Wakil Walikota FX Hadi Rudyatmo (Rudy), menyambut baik kegiatan tersebut. Dirinya sengaja mendonorkan darahnya supaya masyarakat juga bersemangat mengikuti donor tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge