0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Cengkeh Basah Capai Rp 26 Ribu

Wonogiri – Menjelang berakhirnya bulan Juni ini merupakan saat yang ditunggu para petani cengkeh di Kecamatan Karangtengah, Wonogiri. Pasalnya saat-saat inilah masa memanen bunga cengkeh.

Harga bunga cengkeh yang masih basah di pasaran sekarang berkisar antara Rp 24.000 hingga Rp 26.000 per satu kilogramnya. Sementara untuk yang kering bisa mencapai seratus ribu rupiah.

“Untuk yang kering saat seperti ini masih jarang sebab baru akan mulai memanen, paling banyak adalah bunga cengkeh basah, saat ini paling minim sekitar 24 ribu rupiah per kilonya,“ ungkap warga Dusun Timbangan Desa/Kecamatan Karangtengah, Ari Satria alias Gondrong, Minggu (24/6).

Menurutnya, tahun ini produksi cengkeh terbilang bagus. Sehingga diyakini pendapatan petani bakal membaik pula. “Tahun ini saya rasa cukup bagus, mudah-mudahan petani bisa untung banyak, kalau soal pendapatan ya tergantung berapa luas lahan yang dimiliki, kalau cukup luas bisa sampai 2 ton basah,“ imbuh Ari.

Terpisah, seorang pengepul bunga cengkeh, Susanto, menyebut kualitas cengkeh produksi petani di Karangtengah cukup baik. Hal ini didasarkan penilaian yang diberikan para pedagang yang disetorinya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge