0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Kekeringan, Warga Dihimbau Hemat Air

Novri Roesmono (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Memasuki musim kemarau biasanya bakal terjadi siklus tahunan di wilayah Kabupaten Wonogiri khususnya bagian selatan, yakni datangnya bencana kekeringan. Untuk itu masyarakat yang bermukim di wilayah yang terimbas bencana dihimbau bencana kekeringan.

Himbauan tersebut disampaikan Anggota DPRD Wonogiri dari daerah konstituen Pracimantoro dan sekitarnya, Novri Roesmono, Minggu (24/6). “Saat ini kita telah memasuki musim kemarau, dan untuk mengantisipasi kekeringan dan kelangkaan air dimohon warga melakukan penghematan terhadap penggunaan air, baik untuk keperluan minum, mandi, atau masak,“ ujar Novri.

Menurunya, bencana kekeringan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya melanda setidaknya di 4 (empat) kecamatan, yakni Pracimantoro, Paranggupito, Giritontro, dan sebagian Giriwoyo. Hal ini lantaran kondisi geografis keempat kecamatan tadi merupakan deretan perbukitan karst kering yang tak mampu menahan laju air.

“Karena kondisinya memang seperti itu, hingga sulit untuk menampung air hujan, danau-danau yang ada juga gampang sekali menguap airnya karena kondisi yang panas,“ terang Novri.

Lebih lanjut diungkapkannya pihak legislatif dan eksekutif Wonogiri tidak akan tinggal diam mencari solusi atas bencana kekeringan yang kemungkinan masih bakal terjadi. Dropping air bersih juga tetap dilakukan.

“Sambil mencari kira-kira pemecahan masalah yang tepat dari kekeringan itu apa dropping air bersih masih akan dilakukan, atau mungkin ada pihak-pihak yang punya solusi bisa mengutarakannya ke kami,“ imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge