0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diprotes Warga, Bangunan Milik Desa Dibiarkan Mangkrak

Banguan bekas pertokoan milik Pemdes Baturetno Wonogiri masih ditulisi warga dengan kata-kata "Bangunan Bermasalah ". Foto diambil Minggu (24/6). (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Terhitung hampir satu tahun ini bangunan bekas pertokoan milik Pemerintah Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Wonogiri dibiarkan mangkrak tak terurus.  Pihak penyewa bangunanpun belum pula terlihat memulai menggunakannya usai warga sekitar memrotesnya.

Bangunan yang dulunya digunakan untuk unit pertokoan tersebut berlokasi di Dusun Batu Lor RT 2/ RW 17 dan berada tepat di sisi Jalan Wonogiri-Pacitan. Warga sekitar pernah melakukan protes atas peruntukan bangunan yang dinilai tidak wajar.

 “Dulu bangunan itu disewakan untuk berbagai usaha, saya juga ikut buat buka usaha jahit pakaian, tapi sekitar pertengahan 2011 kemudian ada surat dari Desa bahwa bangunan tidak akan disewakan lagi sebab akan dijadikan perpustakaan Desa, akhirnya kami pun nurut,” ujar Yayuk (28), Minggu (24/6).

Namun usai para penyewa meninggalkannya beberapa hari setelah surat diterima, pihak pemerintah desa tidak menjadikan bangunan sebagai perpustakaan seperti yang tertera dalam surat. Malah disewakan ke seorang pengusaha pendatang dengan nilai sewa yang terbilang tinggi.

“Itu kan artinya membohongi warga, kami tidak terima dan melakukan protes, itu tindakan penindasan ke rakyat kecil,“ tegas Yayuk.

Usai diprotes pihak pemerintah desa langsung menghentikan rencana tersebut. Dan bangunan yang disewakan itu dibiarkan mangkrak tak terurus hingga kini.

“Dari penyewa baru juga kelihatannya belum ada tanda-tanda akan memulai usaha, kelanjutannya sekarang seperti apa saya kurang tahu,“ imbuhnya.

Sukamto (60), pensiunan dan mantan penyewa mengatakan telah keluar modal tidak sedikit saat membuka usahanya dulu. “Baru beberapa bulan saya buka usaha warnet dan sudah dapat surat itu, balik modal pun belum,“ ujar Sukamto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge